Sabtu, 22 Juni 2019

ter-peanut-kan? terpeanutkan itu apa? arti dari kata terpeanutkan!

Hai, pernah ga sih kamu baca sebuah kalimat atau kata yang tertulis dalam bahasa gaul dan pas lagi baca itu, respon kamu kayak… “anjir, ini apa sih maksudnya?”. Saya pernah. Belum lama. Dan kata itu adalah… “TERPEANUTKAN”.

Hah? Terpeanutkan? Anjir, terpeanutkan apaan sih? Terpeanutkan itu apaaaaa?

Ya, kira-kira begitu respon saya pas pertama dengar kata terpeanutkan. Kaya berasa aneh aja gitu. Sebuah kata yang sungguh teramat asing. Btw saya pertama dengar kata itu dari ponakan saya yang masih SMP. Anjir, padahal cuman selisih 10 tahun doang tapi saya udah ga bisa ngikutin bahasa gaulnya. Emang selisih 10 tahun itu jauh banget ya? Aah, jadi berasa tua kan sayanya. Wkwk.

Anyway, karena saya gamau berakhir menjadi om-om yang tidak gaul di mata remaja-remaja masa kini, mau gamau saya memaksa otak saya untuk bekerja keras menganalisa apa itu makna dari kata t-e-r-p-e-a-n-u-t-k-a-n. Dan karena bawaan dari tuhan kalau saya emang orangnya pinter (jiah gitu wkwk), tentu saja dengan singkat saya menemukan jawabannya. Jadi…

Terpeanutkan : Terabaikan.

Mungkin kalian akan bertanya kaya… “loh, loh, kok bisa? kok bisa terabaikan?”

Ya emang bisa.            

“Ya alasanya apaaaaaa_-?”

Ok, ok. Akan saya jelaskan.

Jadi terpeanutkan itu asalnya dari peanut yang mendapat imbuhan ter dan an di awal dan akhir kata tersebut. Peanut sendiri artinya kacang dalam bahasa Inggris. Jadi ter-peanut-kan itu maksudnya ter-kacang-kan. Yang mana ter-kacang-kan sendiri adalah bentuk ga lazim dari kata di-kacang-in. Dan seperti yang telah semua orang ketahui, di-kacang-in artinya adalah ter-abai-kan. Gitu sih. Wkwk.

Btw sampai sekarang saya gatau sih kenapa dikacangin itu artinya bisa jadi terabaikan. Saya ngerti maksudnya tapi ga ngerti bagaimana itu bisa terjadi. Haha. Pokoknya tau-tau paham aja kalau dikacangin itu artinya diabaikan, tidak dianggap, dan…. Hal-hal lain sejenis itu. Hehe. Anyway kalau suatu saat saya tau jawabannya, mau saya tulis di blog ah. Atau… kalau misal kamu tau jawaban kenapa dikacangin artinya diabaikan.. kamu bisa tulis jawabannya di kolom komentar, kok (jiah, kaya ada yang baca aja. haha).

Aaah… terakhir nih… pokoknya intinya ter-peanut-kan itu artinya diabaikan, tidak dianggap, dan hal-hal ngenes lain yang masih sejenis dengan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar