Kamis, 25 Januari 2018

Catatan Kuliah Semester 7: Jangan Ambil Skripsi Kalau Belum Siap



Beberapa waktu yang lalu, saya baru saja menyelesaikan masa perkuliahan saya di semester 7. Di semester kali ini, ada sebuah pelajaran yang rasanya nggak akan pernah saya lupakan untuk selamanya. Ya, JANGAN PERNAH AMBIL SKRIPSI KALAU KAMU BELUM BENAR-BENAR SIAP.

Jadi ceritanya …

Baiklah, mari kita mulai dengan sebuah rahasia umum. Ketika mahasiswa memasuki semester ke-7 masa perkuliahannya, selalu terjadi pengelompokkan kelas sosial yang terbagi dalam dua kelompok besar. Yang udah ambil skripsi dan belum. Tentunya yang sudah adalah mereka-mereka yang telah memenuhi syarat untuk ambil skripsi. Syarat paling standar misalnya seenggaknya udah ambil 123 sks.

Layaknya mahasiswa-mahasiswa ber-IP lumayan lainnya, di semester 7 ini saya mengambil skripsi. Sebuah langkah yang sangat sok-sokan. Sebenarnya saya awalnya enggak yakin dengan itu. Tapi karena ada seorang teman yang terus menerus mengajak, saya akhirnya ambil juga. Saya pikir udah 123 sks juga, kok.

Tapi meski begitu, sebenarnya saya tetap belum yakin untuk skripsi. Dan seiring waktu berjalan, sepertinya ketidak yakinan saya benar-benar terbukti. Ya, karena faktanya, saya enggak pernah ngerjain. Rasanya males banget. Bahkan meski satu semester udah lewat, skripsi saya masih ada di tahap proposal. Total selama satu semester saya hanya konsul dua kali. Pas awal-awal ketika mengajukan judul sama tadi pagi, dan itupun banyak banget coretannya. Jadi tambah males. Parah banget, ya. Kayaknya saya emang belum siap.

Apakah saya menyesali keputusan saya terkait ambil skripsi?

Karena satu alasan yang cukup kuat, maka saya akan berkata IYA. Saya menyesalinya. Satu alasan kuat yang bikin saya menyesal ambil skripsi terkait sama financial. Maksud saya, skripsi itu nilainya 6 sks. Sedangkan harga 1 sks di jurusan yang saya ambil adalah Rp. 162.000. Jadi untuk ambil skripsi dibutuhkan biaya Rp. 972.000. Gila, bisa dibayangkan, kan. Saya membuang duit hampir sejuta untuk sesuatu yang sia-sia.

Jadi, buat siapapun yang baca tulisan ini, kalau kamu berencana untuk ambil skripsi di semester 7, pastikan kamu benar-benar siap. Karena sejuta itu nggak sedikit. Kalau kamu nggak yakin bisa berkomitmen sama skripsimu, akan lebih baik kalau diambil pas semester 8 aja. 

BACA JUGA
Catatan Kuliah Semester 1

Catatan Kuliah Semester 2

Catatan Kuliah Semester 3

Catatan Kuliah Semester 5, Karma Dan Tugas Kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar