Kamis, 07 September 2017

Setelah Nonton Fukumenkei Noise [Review Anime]



Kalau saja ada yang nanya ke saya tentang anime bertema musik yang bagus, jika dia menanyakan itu sebelum September 2017, paling saya akan kasih jawaban dengan menyebut judul-judul seperti Beck, K-On, atau Shigatsu wa Kimi no Uso. Namun, di bulan September tahun ini, saya dapat refrensi baru, sebuah anime romantis bertema musik yang memiliki judul Fukumenkei Noise/Noizu.

Di postingan kali ini, saya pengen ngeriview anime tersebut. Baiklah, mari kita mulai dari info singkat mengenai anime ini.

Fukumenkei Noise atau yang lebih dikenal dengan nama Anonymous Noise dalam Bahasa Inggris adalah anime adaptasi dari manga berjudul sama karangan Ryoko Fukuyama. Anime bergenre romance ini memiliki 12 episode yang tayang dari 11 april hingga 27 Juni 2017.
***
SINOPSIS
Saya nggak pandai nulis sinopsis, sih. Tapi akan saya coba. Jadi intinya anime ini bercerita tentang seorang gadis bernama Arisugawa Nino yang suka banget bernyanyi. Waktu kecil, dia terpisah oleh dua teman laki-lakinya, Momo dan Yuzu. Pisahnya dalam waktu yang berlainan. Jadi nggak barengan. Bahkan Momo dan Yuzu juga nggak saling kenal, kok. Jadi setelah Nino pisah sama Momo, baru Nino ketemu sama Yuzu.
Nah, melalui musik, Nino berharap bisa bertemu kembali dengan dua laki-laki yang pernah menghiasi masa kecilnya yang indah.
***
Penilaian tentang anime ini …

KESAN PERTAMA
Jujur, kesan pertama saya terhadap anime ini nggak bisa dikatan bagus. Kalau begitu, buruk? Hmm … mungkin. Tapi saya rasa lebih tepatnya saya kurang suka aja.

Apa yang bikin saya kurang suka? Mungkin, saya rasa desain karakternya. Gimana, ya. Menurut saya kurang kawaii aja gitu. Selain itu adegannya agak aneh. Maksud saya, pas episode awal, waktu itu Nino nyanyi di panggung. Dari kejauhan, Momo masuk dan secara spontan menyebut nama Nino. Yang aneh adalah: masak dari panggung yang jaraknya jauh, dengan musik yang mengalun keras, Nino bisa kayak merasa dengar suara Momo? Menurut saya agak janggal, sih. Seakan memaksakan biar cerita tetap terkesan romantis.

Satu-satunya kesan pertama tentang anime ini yang cukup positif di benak saya adalah … BGMnya bagus.

ANIME ROMANCE SEJATI
Menurut saya, Fukumenkei Noise adalah perwujudan dari anime romance yang sesungguhnya. Penuh dengan kisah yang rumit dan mendebarkan. Nggak ketinggalan, bikin gregetan juga. Nino suka Momo. Momo juga suka Nino tapi entah kenapa selalu menghindar. Yuzu yang suka sama Nino meski dia sadar kalau berat. Lalu, Miou yang justru suka sama Yuzu tapi kayaknya Yuzu nggak sadar. Terus Haruyoshi yang mencoba ngasih kode ke Miou tapi malah dianggap bercanda. Kisah cinta yang seperti ini, benar-benar perwujudan dari anime romance yang sesungguhnya.

Meski awalnya saya merasa beberapa adegan di anime ini agak janggal, tapi akhirnya lambat laun mulai terbiasa. Karena faktanya anime ini memang adaptasi dari shoujo manga, sebuah komik yang memang ditujukan untuk gadis-gadis remaja. Seperti mitos yang beredar, otak gadis remaja katanya selalu dipenuhi dengan hal-hal berbau cinta. Jadi sedikit menyingkirkan kelogisan demi menonjolkan sisi romantis bukan hal yang aneh di dalam shoujo manga.  

Dan setelah saya ingat, dulu sekitar tiga tahun yang lalu saya juga penggemar berat shoujo manga. Jadi meski kesan pertama saya agak kaget, nggak heran kalau saya cepet terbiasa.

MUSIK YANG KEREN
Menurut saya, musik adalah aspek terkeren dari segala aspek yang ada dalam anime Fukumenkei Noise. BGMnya keren. In No Hurry to Shout, band yang eksis di dalam anime ini lagunya keren-keren. Saya juga suka suaranya Nino ketika bernyanyi untuk In No Hurry, penuh dengan emosi. Bahkan saya merinding saat Nino menyanyikan lagu Canary sama Noise, dua lagu favorit saya dari anime ini.

Saking bagusnya musik di anime ini, membuat kekurangan seperti desain karakter yang nggak kawaii dan adegan yang janggal menjadi sama sekali nggak berarti.

Saya nggak ragu untuk menyebut In No Hurry to Shout sebagai band di dalam cerita anime yang saya kagumi. Sejajar dengan Beck, Houkago Tea Time-nya K-On, dan Girls Dead Monster dari Angel Beats.   

SEASON DUA PLEASE…!!!
Saya berharap akan ada Fukumenkei Noise season 2. Benar-benar berharap. Saya pengen lagi dengar lagu-lagu keren yang ditulis oleh Yuzu dan kemudian dinyanyikan sama Nino dengan emosi yang sangat tebal.  

HAMPIR KETINGGALAN
Saya tim YUZU. Jadi … Nino!!! Dengerin saya!!! Mending sama Yuzu aja, jangan sama Momo!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar