Jumat, 03 Februari 2017

Setelah Nonton WWW.Working!! [Review Anime]



Terkadang, entah kenapa terlintas di pikiran saya untuk mencoba sesuatu yang disebut dengan kerja sambilan. Kayaknya enak aja gitu bisa dapat pengalaman baru, teman baru, dan tentunya bisa nambah uang jajan.

Sayangnya itu nggak pernah terealisasi. Saya nggak pernah benar-benar kerja sambilan. Kenapa? Karena saya itu tipe orang yang nggak begitu suka kalau harus beradaptasi sama lingkungan baru. Karena pas proses adaptasi, nggak tahu kenapa semua pasti akan terasa begitu canggung dan nggak nyaman. Nah, saya nggak suka tuh sama yang kayak gitu.

Selain proses adaptasi yang pastinya berat, gimana ya kalau misal kita kerja sambilan di suatu tempat yang orang-orangnya itu isinya aneh semua?

Ngomong-ngomong tentang tempat kerja yang isinya orang-orang aneh, jadi inget sama anime yang baru aja selesai saya tonton dua hari yang lalu. “WWW.Working!!”. Karena berhubung lagi ingat sama anime itu, kayaknya akan enak kalau saya bikin review asal-asalan tenang anime tersebut.

Sebenarnya dari awal emang artikel ini dibuat untuk sok-sokan ngeriview WWW.Working!!, sih. Intronya emang sengaja dibuat gitu biar ada kesan dramatisnya. Hehe. Tapi nggak tahu juga berhasil atau nggak.

Ok, dari pada muter-muternya kelamaan, mending kita langsung aja …

WWW.working!! atau yang konon katanya lebih dikenal dengan sebutan Wagnaria di negara barat adalah sebuah anime yang tayang mulai tanggal 1 Oktober 2016 hingga akhirnya berakhir tanggal 24 Desember 2016. Anime bergenre comedy ini memiliki 13 episode. Kemudian … saya nggak tahu mau nulis apa lagi.
***
SINOPSIS


Menceritakan mengenai kisah dari seseorang yang bernama Daisuke Higashida, dia adalah seorang mahasiswa dari tahun pertama, yang serius belajar di SMA Higashizaka. Dia menjalani kehidupan kesehariannya dengan damai dan tenang, walaupun didalam keluarganya sangat jarang sekali terdengar canda tawa, dan itu semua membuatnya lelah. 

Namun akan tetapi, pada suatu ketika, perusahaan tempat dimana sang ayah bekerja, bangkrut, dan ia tidak dapat lagi membayar tunjangan dan berbagai macam tagihan, bahkan untuk tiket komuter. Dan pada akhirnya dia memilih untuk bekerja paruh waktu, pada saat itu dia memilih untuk bekerja disebuah restoran keluarganya yang terdekat, guna untuk menghindari jarak yang jauh dari sekolahnya. Bagaimanakah kisah selanjutnya dari seorang Daisuke Higashida ? Silahkan tunggu dan nonton animenya.
***
Sebelumnya, saya cukup yakin bahwa orang-orang tertarik untuk menonton anime ini karena sebelumnya mereka pernah menonton Working!! season 1-3. Itu pula alasan kenapa banyak orang yang kemudian salah kaprah dan menganggap bahwa WWW.Working!! adalah Working!! season 4. Padahal mah beda banget.

Dari alur cerita, karakter, dan hal-hal lainnya sebenarnya sama sekali nggak ada kaitannya antara Working!! dengan WWW.Working!!. Satu-satunya hal yang sama diantara kedua anime itu hanya restoran keluarga Wagnaria yang jadi latar tempat berlangsungnya cerita. Jadi, daripada disebut kelanjutan, WWW.Working!! lebih pantas disebut sebagai titisan dari Working!!.

Selayaknya kebanyakan orang yang berekspektasi tinggi terhadap anime ini, saya juga demikian. Lalu, selayaknya kebanyakan orang yang merasa bahwa anime ini tidak sesuai yang diharapkan, lagi-lagi saya juga demikian. Kayaknya saya memasang ekspektasi yang terlalu tinggi untuk anime ini, deh. Tapi sebenarnya nggak ada yang salah sih jika banyak orang yang memasang tinggi harapan mereka untuk anime ini. Kenapa? Alasannya simple. Karena Working!! memiliki reputasi yang sangat bagus untuk sebuah anime comedy. Bahkan saking bagusnya, saya nggak ragu untuk menyebut bahwa Working!! adalah salah satu anime comedy terbaik yang pernah saya tonton.

Berbeda dari Working!!, sayangnya WWW.Working!! tak mampu untuk menyamai apa yang telah dicapai oleh pendahulunya. Kira-kira kenapa, ya? Di bawah ini saya akan berusaha memberikan jawabannya.

KELUCUAN YANG DIPAKSAKAN
Pernah nggak sih lihat orang yang berusaha ngelucu tapi aslinya garing banget? Di situasi seperti itu, bukannya pengen ketawa kita malah jadi pengen nampol. Nah, kira-kira kayak gitu perasaan saya pas nonton WWW.Working!!. Nggak tahu kenapa joke-jokenya nggak ada yang kena ke saya. Bahkan menurut saya terlalu dipaksakan.  

St. Valentine? Maksa banget!

Hal ini jelas beda banget sama Working!! yang joke-jokenya terasa mengalir dan terkesan lebih natural. Yah, seenggaknya pendapat saya kayak gitu.

KARAKTER YANG KURANG KUAT
Ya, nggak tahu kenapa banyak banget karakter yang nggak berguna di anime ini. Atau, kalau kata nggak berguna terkesan terlalu berlebihan, mungkin kata yang tepat adalah banyak karakter yang sebenarnya kalau pun nggak ada juga nggak akan banyak berpengaruh.

Kayak misalnya karakter Takuya Kouno. Tukang masak di Wagnaria yang rambutnya pirang. Ngapain sih dia di anime ini? nambah kelucuan? Kayaknya enggak, ya. Justru menurutku Takuya justru karakter yang agak ganggu. Terus karakter manajernya juga sama aja. Nggak ngasih pengaruh berarti.

Beda banget sama Working!! yang semua karakternya itu berguna dan bahkan masing-masing sukses menjalankan tugasnya untuk memancing kelucuan.

Nggak tahu kenapa di anime ini itu banyak yang berasa nggak kuat karakternya. Kayak misal ngapain keluarganya Higashida harus muncul di anime ini kalau perannya nggak signifikan? Mungkin berusaha biar mirip kayak Working!! yang sering menampilkan keluarganya Takanashi. Tapi, keluarganya Takanashi itu lucu banget. Jauh lah kalau dibandingin keluarganya Higashida yang jarang muncul dan sekalinya muncul juga nggak lucu.

ROMANCE COMEDY YANG GAGAL
Salah satu kekuatan utama dari Working!! seperti yang kita tahu tentunya adalah romance comedynya. Cerita cinta lokasi konyol yang terbangun karena seringnya intensitas pertemuan mereka di Wagnaria. Takanashi-Inami dan Yachiyo-Satou sukses membuat anime yang aslinya memang sudah konyol menjadi jauh lebih konyol karena kisah romance mereka.

Mungkin karena di Working!! romance comedy begitu sukses membuat penonton untuk tertawa, sepertinya WWW.Working!! tak mau kalah dan akhirnya nekat untuk menggunakan jurus yang sama. Dan kemudian, terciptalah pasangan Higashida-Miyakoshi, Adachi-Muranushi, dan Shindou-Kamamura.
www.working!!
Kamamura dan Shindou

Jujur Higashida-Miyakoshi dan Adachi-Muranushi sama sekali nggak bisa membuat saya terkesan. Lucu mah enggak, malah aneh jadinya. Untungnya pasangan Shindou-Kamamura sedikit bisa menyelamatkan. Walau awalnya saya juga menganggap Shindou-Kamamura aneh, tapi seiring episode berjalan ternyata memang pasangan ini yang paling lucu dan paling menarik.
***
Emm … kayaknya cuman ini aja yang bisa saya tulis kali ini. Buat yang ngefans sama WWW.Working!!, maaf ya kalau reviewnya nggak enak dibaca. Tapi mau gimana lagi? Gimana pun juga, saya hanya menulis apa yang saya rasakan.  


4 komentar:

  1. Dan nyatanya www.working adalah serial asli dari working series.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang. tapi nggak berkaitan sama yang cerita sebelumnya.

      Hapus