Senin, 23 Januari 2017

Apa Itu PPK UMS?



Hari ini, iseng-iseng saya membuka blog ini. Kemudian iseng-iseng pula saya melihat statistic blog saya. Lalu masih dengan iseng-iseng saya mencoba melihat penulusuran kata kunci yang nyasar ke blog saya. Pas saya lihat penulusaran kata kunci, sebenarnya nggak ada yang mengejutkan. Masih kata-kata itu saja yang masuk. Namun setelah saya cermati lebih lanjut, ternyata ada satu yang membuat saya tertarik. Sebuah kalimat berbunyi …

“Apa itu PPK UMS”

Entah kenapa, kalimat itu membuat saya bertanya-tanya. Seenggaknya ada dua pertanyaan yang berputar di kepala saya ketika membaca kalimat itu.

Pertama, kenapa mengetik “apa itu PPK UMS” di mesin pencari google bisa nyasar ke blog saya?

Memang sih saya sering menulis banyak hal tentang pengalaman saya selama kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tapi seingat saya, saya nggak pernah mengulas apapun tentang PPK di blog ini. Terus, kenapa bisa nyasar ke sini? Ah, tapi nggak papa, ding. Itung-itung nambah pengunjung. Hehe.

Kedua, kenapa ada anak UMS yang nggak tahu apa itu PPK?

Ini aneh, nih. Kenapa bisa ada anak UMS yang nggak tahu apa itu PPK? Kemungkinan paling besar adalah, dia mahasiswa baru. Karena kalau udah lama, nggak mungkin dia nggak tahu apa itu PPK.

Eh, tapi belum tentu hanya mahasiswa baru aja yang nggak tahu apa itu PPK, ding. Karena faktanya nggak semua fakultas di UMS ada PPKnya. Dan kebetulan, FEB tempat saya menuntut ilmu ada PPK. Selain FEB jujur saya nggak tahu fakultas mana lagi di UMS yang ada PPKnya. Atau jangan-jangan, cuman FEB doang?

Entah kenapa, setelah tahu bahwa ternyata ada anak UMS yang nggak tahu apa itu PPK, rasanya saya jadi agak kasihan. Dan karena hal itu, di artikel ini saya pengen membahas tentang apa itu PPK.

Jadi gini, PPK itu kepanjangan dari Program Pemantapan Kompetensi. Meski pun punya nama yang keren dan cukup terdengar intelek, tapi pada kehidupan sehari-hari anak-anak UMS sering menyebut PPK sebagai SP. Singkatan dari Semester Pendek.

Terus, itu kegiatan apa?

Sesuai namanya, Program Pemantapan Kompetensi. Jadi itu adalah program yang diselenggarakan untuk memantapkan kompetensi. Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, PPK adalah sebuah program yang berfungsi untuk memperbaiki nilai. Semacam remidi lah kalau anak sekolah. Cuman, yang ini bayar.

Pelaksanaannya kapan?              

Setiap liburan. Jadi setelah UAS di setiap semesternya, kami para mahasiswa yang kurang pinter harus merelakan liburan kami pergi dengan begitu saja guna memperbaiki nilai-nilai yang terasa nggak sedap dipandang mata di transkip nilai.  

Berapa lama?

Dua minggu. Sebenarnya itu kayak kuliah biasa, kok. Cuman waktunya singkat. Kalau kuliah biasa satu semesternya ada 14 pertemuan yang digelar selama 14 minggu, maka di PPK 14 pertemuan itu dipersingkat menjadi hanya dua minggu. Jadi itulah alasan kenapa PPK juga disebut semester pendek.

Semua mata kuliah bisa diambil?

Nggak, lah. Hanya mata kuliah yang pernah diambil aja yang bisa diambil di PPK. Selain itu, sama kayak kuliah biasa di mana mata kuliah semester ganjil hanya bisa diambil di semester ganjil dan mata kuliah semester genap hanya bisa diambil  di semester genap. Jadi di PPK, ketika liburan transisi dari semester ganjil ke semester genap, mata kuliah yang bisa diambil adalah mata kuliah semester genap. Dan begitu pula sebaliknya. Ketika liburan transisi dari semester genap ke semester ganjil, mata kuliah yang bisa diambil adalah mata kuliah semester ganjil.

Dengan penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa mahasiswa baru belum bisa ikut PPK di liburan pertamanya di bangku kuliah.

Kenapa? Karena liburan pertama mahasiswa baru di bangku kuliah itu kan transisi dari semester ganjil ke semester genap (semester satu ke semester dua), jadi mata kuliah yang bisa diambil di periode itu adalah mata kuliah semester genap. Dan jelas mahasiswa baru belum bisa mengikuti PPK karena belum pernah merasakan yang namanya kuliah di semester genap.

Jadi, kayaknya cuman itu aja yang bisa saya tulis tentang PPK di artikel kali ini. Kalau misal ada yang mau ditanyakan, tulis aja di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar