Minggu, 17 Juli 2016

Setelah Nonton Sakamoto Desu Ga? [Review Anime]



Pernah lihat atau bahkan kenal dengan orang yang sok cool? Lalu gimana ya rasanya sekelas dengan orang yang sok cool? Kayaknya bakal menjadi sesuatu yang nyebelin, ya. Tapi gimana kalau ternyata sikap coolnya itu nggak dibuat-buat alias alami? Nah, di artikel kali ini aku pengen bahas alias bikin review awur-awuran tentang anime dengan tokoh utama yang super cool, Sakamoto Desu Ga?

Sebelum melangkah lebih jauh, aku akan kasih info dasar tentang anime ini dulu. Sakamoto Desu Ga? (坂本ですが?)  adalah anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama karangan Nami Sano. Anime yang dalam Bahasa Inggris lebih dikenal dengan judul Haven't You Heard? I'm Sakamoto ini memiliki 12 episode yang mulai tayang pada 8 April 2016 hingga tamat pada 1 Juli 2016.
***
SINOPSIS
Bercerita tentang seorang siswa keren dan populer bernama Sakamoto. Di sekolah ia dikenal sebagai seorang jenius yang disukai olah banyak anak perempuan, namun sebaliknya ia juga dibenci banyak anak laki-laki. Meskipun banyak masalah yang menimpanya, namun Sakamoto selalu saja bisa menyelesaikan segala masalah dengan sempurna yang membuatnya terlihat semakin keren.

Catatan: sinopsis dikutip dari SINI.
***
Penilaianku tentang anime ini …

JALAN CERITA
Bercerita tentang orang super cool bernama Sakamoto yang selalu melakukan segalanya dengan sangat cool. Terus … ah, sebenarnya agak susah juga sih mau nulis tentang jalan ceritanya. Karena ceritanya agak random dan absurd.

Tapi yang jelas cerita dari anime ini berpusat kepada tinggah polah sang karakter utama Sakamoto yang sekali lagi selalu melakukan segalanya dengan cara yang sangat cool.

PREMIS
Sebuah cerita yang bagus dibangun dari premis yang bagus pula. Itulah yang selama ini aku yakini. Bukan hanya tentang anime, aku juga meyakini itu dalam hal-hal lain dan bahkan Stand up comedy. Karena ide pokok adalah pondasi yang sangat kuat akan jalannya cerita. Meski, kadang ada juga yang sebenarnya premisnya bagus tapi ceritanya biasa aja.

Dan di anime Sakamoto ini, premisnya menurutku cukup menarik. Ide utama tentang seseorang yang selalu menyelesaikan masalah dengan sangat cool sekali lagi cukup menarik. Dari premis itu aja kita udah bisa menerka-nerka seperti apa kelucuan yang akan ditimbulkan oleh anime ini nantinya.

KARAKTER
Ada banyak karakter yang muncul dalam anime ini. Mulai dari sang karakter utama, teman-teman sekelasnya, preman-preman sekolah, hingga karakter-karakter lainnya.

Dari banyak karakter itu, jika aku disuruh memilih satu karakter favorit, maka aku akan menyebut nama Hayabusa Shou. Seorang siswa kelas 2 berandal yang nggak tahu kenapa berkharisma banget. Dan kayaknya kharismanya itu yang bikin dia jadi karakter favoritku.
 
Hayabusha Senpai
Selain itu, aku juga suka karakter si Acchan –kayaknya nama aslinya Atsushi-, teman sekelas Sakamoto yang merupakan bagian dari 3 serangkai preman dari kelas itu.

BAGIAN FAVORIT
Ini sebenarnya maksudnya adegan favorit. Banyak sih adegan favorit dari anime ini. Karena semuanya lucu-lucu dan seru, maka aku hanya akan menulis yang menurutku terlucu dan terseru dari adegan-adegan lainnya.

Di episode 3 aku suka dengan gimana cara Sakamoto menangani Maruyama –siswa berandal kelas 2- yang suka memerintah anak kelas 1. Hingga akhirnya, Maruyama tobat.

Di episode 4 saat Acchan dan teman-temannya menggali lubang di taman untuk jebakan, tapi yang kena jebakan adalah Sakamoto. Lalu saat dicek, lubang menjadi semakin dalam dan Sakamoto menghilang. Acchan mengira kalau Sakamoto tembus ke belahan dunia lain, Brazil. Sumpah, bagian itu lucu banget.

Di episode 6 pas Sakamoto dan anak-anak SD bertingkah aneh di perjalanan pulang sekolah juga lucu, tuh. Jadi inget jaman SD dulu kalau pulang sekolah suka nendangin batu di perjalanan dari sekolah sampai rumah.

Di episode 9 waktu para gadis cerita tentang pertemuan pertama mereka dengan Sakamoto.

Di episode 10, kayaknya ini adalah episode terseru –selain episode terakhir tentunya- di anime ini. Di episode ini ada dua cerita dan keduanya sama-sama lucu. Yang pertama saat Sakamoto diajak sama mas-mas buat ke karaoke. Dan yang kedua pas Sakamoto dimintai bantuan sama Hayabusha senpai buat ketemuan sama calon istri bapaknya.

Di episode 12 alias episode terakhir, ini menurutku juga seru. Ya iyalah. Episode terakhir, kalau nggak seru berarti animenya tergolong gagal, dong. Hehe. Aku suka saat adegan Sakamoto menyampaikan pidato di acara kelulusan. Waktu itu Acchan yang udah dipengaruhi Fukase-san mengamuk dan pengen menciderai Sakamoto. Tapi karena Sakamoto ini coolnya bukan main, orang-orang justru mengira amukan Acchan ini adalah bagian dari pertunjukan. Dan Acchan pun bebas dari hukuman dan bahkan menyesali perbuatannya.

Eh, sorry ya kalau spoiler. Hehe.

MUSIK
BGMnya bagus, tuh.

PESAN MORAL
Apa yang aku dapat setelah menonton anime ini adalah … jika kamu pengen berhenti merokok, gantilah aktivitas itu dengan meniup gelembung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar