Selasa, 16 Februari 2016

Crows Explode, Sequel Yang Sama Sekali Enggak Ada Apa-Apanya Dibandingkan Dua Pendahulunya



Semalam, atau tepatnya tadi malam –sama aja sih sebenarnya- aku baru aja menonton sebuah film berjudul Crows Explode, atau biasa disalah sebutkan orang-orang sebagai Crows Zero 3. Sebuah film yang harusnya menurut logika menjadi sequel dari film Crows Zero dan Crows Zero 2.

Dengan karakter-karakter baru yang bermunculan karena faktanya emang Takiya Genji –dan temen-temenya di GPS- dan Serizawa Tamao plus pasukannya udah lulus, cerita ini mengambil setting waktu satu bulan setelah kelulusan mereka.

Munculnya karakter baru sepeti Kaburagi Kazeo, Kagami Ryohei, Toru Gora dan karakter-karakter lainnya yang namanya aku lupa, dan ditambah dengan alur cerita yang disajikan di film ini, semua itu membuatku merasa … SAMA SEKALI NGGAK NGERTI TENTANG FILM INI.

Yap, banyak hal yang ngebuat aku nggak ngerti tentang film ini. Nggak tahu, deh. Apa karena aku yang bego atau emang film ini aja yang emang membingungkan.

Pertama
Apa sih alasan Kazeo pindah ke Suzuran? Sama sekali nggak dijelasin. Lagian dia awalnya juga nggak minat jadi penguasa Suzuran. Beda sama Genji yang pindah ke Suzuran karena emang pengen menguasai Suzuran sebagai pembuktian ke bapaknya. Terus kenapa Kazeo pindah ke Suzuran pas udah kelas 3? Kalau menurut kecurigaanku sih, kemungkinan dia melakukan sesuatu yang buruk di sekolah lamanya. Semisal menghamili siswi lainnya mungkin.

Kedua
Kemana para adek kelas yang seharusnya naik ke kelas yang lebih tinggi setelah kelulusan Genji? Trio Ebizuka kemana, ya? Hideto Bandou? Sedikit mengecewakan sih emang. Karena entah kenapa film ini terasa merusak sedikit timeline dari cerita Crows.

Ketiga
Kok tiba-tiba si Kazeo pengen jadi penguasa Suzuran, sih? Ini aku juga bingung. Ok, mungkin karena dibujuk sama temen yang selalu ngikutin dia kemana-mana. Tapi, kok segampang itu, ya? Kayaknya aneh aja gitu. Dari yang awalnya kukuh nggak mau berantem, tiba-tiba jadi gila kekuasaan. Aneh nggak, sih?

Keempat
Ceritanya melebar kemana-mana. Dari konflik perebutan kekuasaan di Suzuran, melebar sampai ke konflik internal sekolah Kurosaki, Showroom mobil Nakata, konflik batin Fujiwara, terus sama Yakuza. Dan semua itu membuatku bingung. Nggak ngerti. Ini sebenarnya ceritanya mau kayak gimana, sih? Beda banget sama Crows Zero. Sederhana dan nggak bertele-tele tapi nggak terlupakan. Mungkin bahkan bisa disebut sebagai film tawuran sepanjang masa.

Kelima
Adegan pertarungannya cuman gitu doang? Udah porsinya dikit karena entah kenapa didominasi sama drama, pertarungannya pun nggak greget-greget amat. Banyak pertarungan sekali pukul langsung KO. Payah abis, deh. Final bettlenya juga cemen banget. Kazeo vs Ryohei sama sekali nggak ada seru-serunya kalau dibandingin dengan Genji vs Serizawa di Crows Zero atau Genji vs Narumi Taiga di Crows Zero 2 yang sampe babak belur berdarah-darah dan berjalan sempoyongan.

Oh, iya. Menurutku cerita dari Crows Explode ini cukup membosankan. Terutama di tengah-tengah, bosen banget. Bahkan, adikku pun juga mengamini pendapatku. Mungkin karena aku terlalu berharap lebih kali, ya. Soalnya emang film Crows Zero dan Crows Zero 2 itu keren banget. Jadi wajar dong kalau aku berharap.

Dan karena aku udah berharap terlalu banyak, jelas aja film Crows Explode ini sangat-sangat membuatku kecewa. Dan bahkan kalau memang beneran mau dibandingin dengan Crows Zero dan Crows Zero 2, mohon maaf tapi Crows Explode tidaklah lebih dari sampah.

Oh, iya. For your information, ada tiga karakter dari dua film sebelumnya yang masih nongol di film ini. Mereka adalah Katagiri Ken, Makise, dan Rindaman. Sayang, munculnya mereka bertiga sama sekali nggak bisa menyelamatkan film ini lepas dari predikat mengecewakan.

Dan terakhir … meski ada banyak hal yang nggak aku mengerti tentang film ini, tapi ada satu hal yang bener-bener sangat aku mengerti. Dan hal itu adalah … Uchida Mie yang diperanin sama Hirose Suzu itu bener-bener manis banget. Cantik deh pokonya. Cuman sayangnya munculnya dikit banget. Udah dikit sebentar doang.
Uchida Mei yang diperanin Hirose Suzu
Sebenarnya udah itu aja sih yang bisa aku tulis di kesempatan kali ini. Mungkin tulisan ini udah kayak review kali, ya. Oh, iya. Buat yang pengen tahu seberapa njlimetnya film ini, ditonton sendiri aja. Recommended, deh. Aku kasih rekomendasi. Ya siapa tahu aja kalian bisa ngerti cerita film ini dan menikmatinya.

Oh, iya. Hampir lupa lagi. Karena ini tanggal 16 Februari, aku pengen ngucapin selamat ulang tahun yang ke 37 untuk Valentino Rossi.

24 komentar:

  1. bener banget!! ceritanya kaga jelas.. kya taiiiiiik lh ..
    .
    #KECEWA

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang banyak yang kecewa kok gan. mungkin karena crows zero terlalu bagus jadi ekspektasi ke film ini juga terlalu tinggi

      Hapus
  2. Film taik sampah..
    Gk jelas alur ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar gan. tenang. tarik napas perlahan

      Hapus
  3. sesuai urutan masanya Crows zero(Takiya Genji)-Crows Explode(Kazeo Kaburagi)-Crows(Harumichi Bouya)-Worst(Tsukishima Hana) jadi kalo baca dari crows hideto bando itu pas jamannya kazeo lagi masuk penjara remaja dankeluar pas dimasa Crows yg berarti Crows explode cerita sebelum Kurotaki blom dibentuk ya walaupun bertarung kurang greget tapi lumayan lah menurut ane mah gan buat penasaranya :D maafkan bila ada yg kurang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di film ini, juga sekilas diperlihakan maruken dan kakuken dari sekolah kurosaki, dimana diseri crows mereka yg nguasai sekolah kurosaki,

      Hapus
    2. nampaknya bung Fajar ini sangat expert sekali ya. hehe

      Hapus
  4. crows zero 4 lebih ga menarik gan

    BalasHapus
  5. gw stuju. kurang mnarik
    dan gw lgi cri2 link crows zero 4..bagi info klo ad yg tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang crows zero 4 beneran udah ada ya? wah, saya malah belum tau

      Hapus
    2. Udah ada bang. Coba liat yutub dulu. Gaasik tapi wkwk.

      Hapus
    3. wadaw, kalo udah bilang gaasik duluan kan jadi males nonton. haha

      Hapus
    4. Belum ada kali bos crows zero 4. Yg di yutub itu bkn crows zero

      Hapus
  6. bner banget. ngerusak alur crows.
    kemana trio ebizuka apa cuma ngumpet doang.
    orang2 y kagak dikenal, dimanga jg gak ada.
    apa mo bikin universe baru yg beda dari versi original crows

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener-bener mengecewakan penggemar crows sih

      Hapus
  7. Gaya penulisan mas ini belum pantas untuk me-review sebuah film , kebanyakan berupa keluhan dan belum sepenuhnya mengerti dengan alur cerita . Saya mau tanya , mas kuliah atau masih sekolah ? Kalau masih sekolah saya maklum tapi tolong kedepannya rubah gaya penulisan mu , itu bisa bermanfaat untuk kedepannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjay, balesannya gitu doang , wkwkwk

      Hapus
    2. hahaha. saya males gan balesnya. bingung juga mau bales apaan. padahal mah dari awal saya emang bikin blog ini buat seneng-seneng doang. kalau emang mau nulis yang bagus dan penuh aturan, mendingan saya kelarin skripsi saya yang udah lama terbengkalai dan masih sampai di BAB ............ PROPOSAL! hahai.

      Hapus
  8. Sekedar info aja. Buat yg suka film tawuran. Nonton gih Gachiban. Film jepang. Tokohnya mirip TAKIYA GENJI dari cara pakaiannya.
    Tarungnya juga keren wkwk

    BalasHapus