Rabu, 28 Oktober 2015

Alasan Kenapa Sebaiknya Jangan Mencontek Jawaban Teman Di Waktu Ujian



Kali ini  entah kenapa pengen rasanya membahas tentang perilaku yang pastinya sudah mendarah daging banget di benak pelajar Indonesia. Bahkan aku dan mungkin beberapa dari kalian pun pernah melakukannya. Ya, mencontek jawaban teman saat ujian.

Aku yakin kalau sebenarnya kamu juga pasti setuju kalau aku bilang mencontek jawaban teman waktu ujian bukanlah sesuatu yang legal. Bagaimanapun juga itu adalah perilaku yang tidak baik. Dan aku juga punya alasan kenapa kamu sebaiknya jangan mencontek jawaban teman waktu ujian.

Namun sebelum aku menyebutkan alasanku, sebelumnya aku pengen menegaskan kalau ini hanya berlaku pada perilaku mencontek jawaban milik teman pada saat ujian. Ini nggak berlaku jika kamu mencontek jawaban teman tapi pas dapat tugas kuliah/sekolah. Atau kamu mencontek saat ujian tapi mencontek dari contekan yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

Jadi sekali lagi ini sangat spesifik. Mencontek jawaban teman saat ujian. Dan ini dia alasannya:

Kehilang Banyak Waktu
Ya, kamu akan kehilangan banyak waktu. Soalnya logikanya gini, untuk mendapatkan jawaban dari teman kamu, tentu saja pasti kamu harus menunggu teman kamu menyelesaikan jawabannya terlebih dahulu. Seenggaknya bahkan hanya untuk satu nomor soal.

Dan jelas itu akan membuat waktumu terbuang percuma. Apalagi jika ujiannya pada saat itu soalnya banyak, dengan jawaban yang panjang-panjang, dan waktu yang tersedia enggak lama. Ok, mungkin kamu akan tetap mendapat jawaban dari teman kamu. Tapi yakin soalnya bisa terjawab semuanya?

Yakin deh kamu nggak akan kehilangan banyak waktu jika kamu ngerjain sendiri. Atau seenggaknya kamu juga nggak akan kehilangan banyak waktu kalau kamu bawa contekan sendiri.

Belum Tentu Benar
Jawaban teman kamu memang belum tentu benar. Tapi nggak tahu kenapa terkadang rasanya jawaban dari teman itu kok lebih meyakinkan ya. Tapi bagaimanapun juga itu terlalu beresiko karena jawaban teman kamu sekali lagi belum tentu benar. Kan nggak enak, udah dosa salah lagi.

Karena sebenarnya teman kamu juga sedang berjuang mengerjakan ujian juga. Jadi belum tentu jawabannya benar. Kecuali kalau teman kamu itu dosen. Apalagi dosen yang bikin soal.

Mengganggu Teman
Itu sangat jelas. Karena ketika seseorang sedang serius mengerjakan sesuatu, tentu saja orang itu akan terganggu saat ada orang yang tiba-tiba memanggil namanya dan kemudian berkata …

“Bro, nomer 76 jawabannya apa?”

Dan kalau orang itu nggak peduli sama panggilan kamu, bukan berarti orang itu nggak menganggap kamu teman. Itu berarti kalau sebaiknya kamu jangan ganggu dia saat itu. Dia lagi konsentrasi gaes.

Kamu Akan Jadi Orang Egois
 Setelah gagal mendapatkan jawaban dari temen kamu, mungkin kamu akan marah. Kemudian mengumpat …

“Wedhus balap! Teman macam apa itu?”

Kamu hanya akan peduli tentang bagaimana cara supaya lembar jawab kamu terisi. Tanpa peduli dengan kondisi orang lain. Padahal nggak ada jaminan juga kalau misalnya kamu berada di posisi orang yang bisa mengerjakan, akan berbaik hati secara cuma-cuma berbagi jawaban dengan teman yang membutuhkan..

Kemudian Kamu Akan Berpikir …
“Sial, tahu gitu aku belajar sendiri,” atau seenggaknya mungkin kamu akan berpikir untuk membuat contekan sendiri.


Itu saja sih alasan kenapa sebaiknya kamu jangan mencontek jawaban teman di waktu ujian. Ingat, itu cuma berlaku pas ujian. Kalau kamu pengen mencontek jawaban teman pas dapat tugas atau pengen mencontek pas ujian tapi dari contekan yang sudah dipersiapkan sebelumnya ya silahkan.

Dan terakhir ... semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar