Sabtu, 18 April 2015

Catatan Kuliah Semester 1



Kuliah
Kali ini nggak tau kenapa aku lagi pengen nulis tentang hal-hal yang terjadi pas aku kuliah semester 1. Walau ini udah terjadi agak lama tapi kayaknya nggak masalah kalau aku post di blog ini. daripada kelamaan mending kita langsung aja yah.

Ospek
Yup. Bisa dikatakan bahwa semua mahasiswa semester 1 normal di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia pasti pernah ngalamin yang namanya ospek. Beruntung lah kalian wahai mahasiswa yang pernah mengalami ospek karena kalian termasuk mahasiswa normal.

Dan di kampusku di Universitas Muhammadiyah Surakarta ospek ini dibagi dalam dua tahap. Masta dan PPA. Masta dua hari dan PPA tiga hari. Keren yah. Tapi sebenarnya aku cukup beruntung karena ospek di kampusku baik itu Masta maupun PPA sama sekali nggak ada yang namanya perploncoan. Dan kami juga nggak disuruh bawa yang aneh-aneh kok. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca di SINI.

Tentang Minggu Pertama Kuliah
Minggu pertama kuliah di semester 1 tentu saja adalah masa-masa penyesuaian diri. Aku yang dulunya setiap hari belajar dengan gaya anak sekolahan kini harus bisa menyesuaikan diri dengan cara belajar anak kuliah. Bukan cuma cara belajar sih. Tentang banyak hal juga. Termasuk tentang bagaimana kuliah itu sendiri.

Tapi sebenarnya ada hal-hal menyebalkan yang terjadi di minggu pertama kuliah. Yup, di periode ini banyak banget dosen yang nggak masuk. Jadinya berasa di PHP gitu. Setelah menempuh puluhan kilo dan menunggu berjam-jam dan ternyata dosen yang ditunggu nggak datang itu rasanya bener-bener ngeselin.

Dan tentang minggu pertama kuliah di semester 1 … jujur saja periode ini adalah periode yang cukup krusial buat nyari temen baru. Dan itu akan sangat berbeda dengan minggu pertama di semester 2, 3 dan seterusnya. Di semester selain semester 1 pasti kalian akan merasakan bahwa mencari temen baru di minggu pertama nggak segampang saat semester 1. Jadi minggu pertama semester 1 itu bener-bener minggu yang krusial.

KRS Paketan
Di semester 1 di kampusku UMS aku belum KRS-an. Jadinya mata kuliah dan dosen yang akan aku ambil udah dipaketin dari sononya. Dan kayaknya aku beruntung ya dapet dosen yang enak-enak (dalam artian nilainya gampang, mungkin cuma perasaanku aja).

Temen Sekelas Yang Selalu Sama Di Setiap Mata Kuliah
Karena di semester 1 KRSnya masih paketan jadi kelasnya diurutin dari NIM. Alhasil di kelasku di makul apapun isinya anak yang NIMnya B100140401-B100140450. Kadang bosen sih. Tapi setidaknya itu lebih mending daripada di semester lain yang kadang aku berada di sebuah kelas yang satu orang pun nggak ada yang aku kenal.

Pondok Sobron
Nah, ini yang banyak anak UMS bilang sebagai penjara suci. Penjara suci itu bukan penjara Stand Up Comedy Indonesia lho ya. Jadi Pondok Sobron itu semacam pesantren gitu. Jadi aku nyantri 4 hari 3 malam gitu di Pondok Sobron. Dan di Sobron itu bukan cuman nyantri biasa lho. Sebenarnya di sana itu tujuannya adalah untuk menempuh kuliah Studi Al-Islam 1. Kalau pengen lebih jelas baca di SINI

Fashion
Di minggu-minggu pertama kuliah masih wajar pakaianku. Palingan pakai kemeja. Tapi seiring berjalannya waktu jadi sering pakai kaos. Bukan sering deng. Tapi emang pakai kaos terus setiap ngampus. Dan bahkan kadang pakai jersey bola.

Nilai
Kalau ngomongin soal nilai di semester 1 kurasa nilaiku Alhamdulillah cukup memuaskan. Inilah rinciannya.
Mikro Ekonomi Pengantar: A, Manajemen Pengantar: A, Ilmu Sosial Budaya Dasar: A, Bahasa Inggris 1: A, Bisnis Pengantar: AB, Akuntansi Pengantar 1: B, Al-Islam 1: B, Matematika Ekonomi: D. Dengan indeks prestasi semester: 3.3

Nggak tau juga sih kok aku bisa dapet nilai kayak gitu. Ada sedikit kecurigaan bahwa dosennya salah ngasih nilai. Tapi biarin ajalah. Hahaha.
nilai bagus
Bukti Nilaiku Pas Semester 1
Status Hubungan
Nah ini. Status hubunganku saat semester 1 adalah……… JOMBLO (Capslock rusak). Jujur aja JOMBLO itu bukan sesuatu yang baru sih dalam kehidupanku. Soalnya masa keJOMBLOanku berbanding lurus dengan jumlah umurku. Hiks

Kira-kira itulah catatanku selama aku menjalani semester 1. Sebenernya mungkin masih banyak lagi ya. Tapi seenggaknya itulah hal-hal yang sampai sekarang masih sangat berkesan dalam anganku. Selamat tinggal semester 1. Selamat datang semester 2.

Baca Juga:
Catatan Kuliah Semester 2
Catatan Kuliah Semester 3

16 komentar:

  1. Kak maksudnya jomblo berbanding lurus sama jumlah umur tuh gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeee.... nggak enak juga sih mau ngomongnya. gampangnya gini. jomblo seumur hidup lah. hehe. alias dari lahir belum pernah pacaran. ngenes banget ya

      Hapus
  2. Keliatannya emang ngenes sih kak, tp cewek itu suka sama cowo yg blm pernah pacaran, yg masih lugu lugu gitu

    BalasHapus
  3. Iya kak, analogiin aja cowo itu kaya henfon, kaka pasti lebih milih henfon baru kan daripada henfon bekas ?

    BalasHapus
  4. Kaka beneran blm pernah pacaran ? Masa sih

    BalasHapus
  5. Jangan bilang belom pernah ngerasain rasanya suka sama orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah analoginya henpon ya

      iya beneran. belum pernah. tapi kalau suka sama orang ya pernah lah.

      eh perasaan dari kemarin kamu komennya anonim mulu ya. sekali-sekali tunjukin wujud asli dong, hehe

      Hapus
  6. Huft kebalikan dari aku kak, aku pernah pacaran tp blm pernah suka sama orang

    Yah kalo tunjukin wujud asli jd nggak asik lg dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus pacaran buat apa?

      justru lebih asik kalau pake wujud asli.

      Hapus
  7. Hehe soalnya nggak tega. Kasian.

    Asik dimananya sih kak ? Seruan anonim, kan kesannya jd misterius misterius gituu

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak. soalnya aku cuman curiga kalau kamu sebenernya adalah temenku sendiri

      Hapus
  8. Coba jelasin alesan yang mendasari kecurigaan kakak tentang aku yang mungkin sebenernya temen kakak sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pake anonim ini. hehe. kan bisa aja temenku lagi ngerjain aku atau semacamnya. tujuan ngerjain? nggak tau juga. tapi kemungkinan paling logis adalah untuk bersenang-senag

      Hapus
  9. gimana pengalamannya mas? Enak di Ospek? hahaha...
    saya juga mau bagi pengalaman soal ospek, di blog saya jadi titip link ya..
    https://pencaricerah.com/2014/07/24/ospek-mahasiswa-baru-jurusan-sastra-inggrs/
    maaf kalo ga berkenan :)

    BalasHapus